Kamis, 22 November 2012

Human Relations Dalam Arti Luas

Human Relation ini salah satu mata kuliah gue di kampus, yang jurusan Public Relations mungkin bakal tau maksud dari human relations itu apaan. 



Kalo diartikan perkata, human relations itu adalah hubungan manusia. Nah Public Relation? PR atau Public Relations ini artinya hubungan masyarakat.
Terus apa bedanya human relations dan public relations?
perbedaannya adalah human relations itu hanya antara dua orang yang saling bertatap muka, sedangkan public relations hubungan keseluruhan manusia, termasuk stakeholder.

Buat apa belajar human relations?
kata dosen gue yang berumur 60an dan modis ini, human relations itu fungsinya untuk mencegah dan ngobatin "luka-luka batin" akibat miscommunication atau misinterpretation. Human relations bukan cuma buat   aktivis PR, tapi bisa dipraktekkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Kalo kalian tanya buat apa? kalo menurut gue HRs ini adalah proses pemdewasaan diri, dimana dengan mencegah dan mnegobatin luka batin itu sama aja dengan bersikap "wise". 

Mungkin secara lebih sederhana, gue ganti kata-kata "luka-luka batin" ini sama "jangan membuat orang sakit hati". ini lebih gampang dicerna ketimbang yang tadi. Untuk ber HRs itu sendiri sangat gampang, just think do not harm others. Sangat simple, di sini gue ga ngomong HRs dalam kePRan, di sini gue ngebahas HRs dalam arti luas, dalam kehidupan manusia.

dalam arti luas, pengetian HRs adalah komunikasi persuasif yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain seara tatap muka dalam segala situasi dan dalam semua bidang kehidupan, sehingga menimbulkan kebahagiaan hati pada kedua belah pihak. Itu pengertian dari dosen gue, ibu Maria Sudarmo.


contoh HRs yang simple itu, misalnya kaya conversation di bawah :
A : eh kok diem aja, sendirian lagi.
B : gapapa, udah jangan ganggu, pergi sono ! (ini bukan HRs)
A : (pergi)


A : eh kok die aja, sendirian lagi.
B : iya nih, lagi bete. Masa gue disuruh jemput adek gue        sekarang, kan bentar lagi gue ada kelas. (ini HRs)
A : oh, yaudah bialangin aja baik-baik (ada respon positif)

gimana udah ngerti kan? HRs itu simple banget. :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar