Minggu, 25 November 2012

Filsafat Hidup dan Pilihan


Di semester lima ini, di jurusan Ilmu Komunikasi ada mata kuliah yang namanya Etika Filsafat Komunikasi. Kita sekarang ga balas tentang etika filsafat kominikasi, tapi mungkin lebih ke filsafatnya. 

Menurut I.R Poedjawijatna, filsafat adalah ilmu yang mencari sebab yang sedalam-dalamnya bagi segala sesuatu yang ada dan mungkin ada.
Filsafat hidup itu sendiri adalah untuk mencari kebahagian. Dan naluri kebahagiaan mendorong manusia untuk memperoleh kebahagiaan dari tiga sumber, yaitu :
1. Sumber kebahagiaan Tuhan
2. Sumber kebahagiaan manusia
3. Sumber kebahagiaan makhluk Tuhan lainya.

Dan untuk memperoleh kebahagian, itu semua berada di tangan kita. Kita yang menentukan kebahagiaan yang seperti apa yang kita mau. Bukan orang lain yang menentukan kita harus bahagia apa ga, hidup kita, kita yang atur. "Sepertinya kita ga usah nyari harta karun kebahagiaan karna semuanya udah ada di diri kita sendiri" dikutip dari novel 5cm. Dan kadar kebahagiaan setiap orang berbeda-beda. 
happiness is on your hands
what is the key you need? here they are.
is that true? think it.

Ada yang bahagia kalo temennya seneng karna dia, ada juga yang bahagia kalo ngeliat temennya susah. Kita ga bisa memaksakan kadar kebahagian kita kepada orang yang punya kadar kebahagiaan yang berbeda. Karna berbeda dalam pemikiran dan cara berpikir. Tapi bukan berarti beda jalan pikir, ga temenan. Malah berbeda itu lebih berwarna.

Dan karna hidup itu adalah pilihan, dan kebahagian itu kita yang tentukan. Maka semua itu tergantung manusianya sendiri, mau memilih kebahagian yang seperti apa, dan bagaimana dia memperolehnya. dari Tuhan kan? Temen, Kelauarga, Saudara kah? atau dari benda-benda ciptaan Tuhan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar